My Profile

Profile Avatar
Elephant Mask
*******
*******, ******* *******
*******
******* ******* *******

Menjaga daya tahan tubuh & kesehatan tulang saat new normal untuk Wanita. Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, masyarakat dihimbau agar tidak ke luar rumah untuk memutus rantai penularan virus COVID-19. Jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker. Banyak pilihan masker kesehatan yang saat ini bisa jadi pilihan. Sebut saja Elephant Mask, masker Xiaomi, masker kain, hingga masker medis untuk para tenaga kesehatan. Namun melakukan aktifitas dari rumah adalah pilihan paling baik jika kondisi dan situasi memungkinkan. 

Diam di rumah membuat banyak orang jadi membatasi kegiatan fisiknya, sehingga bisa berpengaruh pada kesehatannya. Hal ini juga berdampak pada daya tahan tubuh dan kesehatan tulang. Memasuki new normal, penting untuk jaga daya tahan tubuh dan kesehatan tulang, khususnya untuk wanita di atas umur 35 tahun. Banyak orang lebih suka menghabiskan waktu di luar rumah ketika olahraga. Selain mendapatkan pemandangan yang berbeda, juga bisa bercengkerama bersama kawan lainnya. Sayangnya, hal ini tak bisa dilakukan secara leluasa saat PSBB. Sebagian besar masyarakat menghabiskan waktu di rumah. 

Kondisi ini mengakibatkan aktivitas fisik banyak berkurang. Padahal, kegiatan fisik menjadi sarana penting untuk menjaga kesehatan tulang, khususnya bagi kalangan wanita pada usia 35 tahun ke atas. Kesehatan tulang adalah bagian vital yang berpengaruh pada kesehatan seseorang. Saat seseorang terbiasa dengan gaya hidup sedenter atau kurang kegiatan fisik membuat orang tersebut kehilangan massa tulang. Bila tidak mengubah pola hidupnya, hal ini dapat meningkatkan risiko osteoporosis. 

Osteoporosis adalah kondisi saat tulang kehilangan massanya, sehingga jadi lebih mudah retak, bahkan patah. Osteoporosis dapat menyerang siapa saja, khususnya wanita. Mengapa wanita jadi sorotan? Karena semua wanita akan memasuki tahap menopause. Pada masa menopause, hormon estrogen wanita menurun dan ini bisa berpengaruh pada berkurangnya massa tulang. Proses alami ini mengakibatkan wanita lebih rentan osteoporosis. 

Di samping itu, kurangnya kegiatan fisik juga bisa mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Daya tahan tubuh yang lemah dapat membuat Anda lebih mudah terserang batuk, flu atau penyakitl lain. Maka dari itu, wanita harus memperhatikan dan menjaga kesehatan tulang agar mencegah terjadinya osteoporosis. Salah satunya dengan cara melakukan aktivitas fisik. 

Selain membuat otot lebih kuat, aktivitas fisik juga memiliki dampak pada penguatan imun tubuh. Di masa pandemi COVID-19, pastinya daya tahan tubuh yang kuat supaya tidak mudah sakit sangat diperlukan. Sekarang Anda tahu betapa pentingnya jaga kesehatan tulang dan daya tahan tubuh bagi wanita selama era new normal. Agar keduanya dapat diatur secara baik, ada informasi di bawah ini yang dapat dilakukan selama berkegiatan di rumah.

- Lakukan Olahraga Rutin

Rutinkan olahraga atau kegiatan fisik, setidaknya 30 menit setiap hari. Pilih olahraga yang Anda suka agar tetap semangat berkegiatan. Misalnya yoga, olahraga sepeda di sekitar komplek rumah, jalan pagi, hingga senam. Jurnal Missouri Medicine merekomendasikan bagi orang dewasa untuk melakukan kegiatan fisik yang minim risiko cedera. Melakukan olahraga bisa menguatkan otot, meningkatkan keseimbangan tubuh, juga menjaga kesehatan tulang, khususnya untuk wanita. Tak cuma itu saja, berolahraga juga mendukung sistem imun lebih kuat. Olahraga bisa meningkatkan antibodi dan memaksimalkan kerja sel darah putih untuk melawan infeksi penyakit.

- Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Tubuh tidak sanggup menghasilkan vitamin D dengan mandiri. Cara mudah untuk merangsang produksi Vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Berjemur di bawah sinar matahari secara tidak langsung, misalnya duduk menghadap jendela selama 5 hingga 15 menit, paling tidak dua sampai tiga kali per minggu. 

Biarkan sinar matahari menyinari tangan, wajah dan kaki supaya tubuh dapat cukup vitamin D. Vitamin D adalah salah satu nutrisi penting yang berfungsi menguatkan gigi, tulang dan otot. Selanjutnya, vitamin D bisa membantu sel darah putih dan sel imun untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit. Tidak hanya menguntungkan kesehatan fisik, sinar matahari berguna untuk menyehatkan  mental. 

Sinar matahari bisa membantu kerja hormon melatonin yang berfungsi untuk membuat Anda tidur nyenyak dan menambah kebugaran tubuh esok harinya. Sinar matahari yang cukup juga bisa membuat Anda jadi lebih bahagia dan menurunkan depresi. Ini disebabkan matahari menstimulasi lepasnya hormon serotonin yang menjaga mood terjaga stabil. Dengan begitu, sinar matahari memiliki peranan baik untuk menjaga kesehatan fisik, juga mental.

- Jaga Asupan Nutrisi

Nutrisi dalam makanan membantu menjaga kesehatan tulang dan membuat daya tahan tubuh lebih kuat untuk wanita. Selalu gunakan beragam buah dan sayuran pada menu harian. Mikronutrien dalam sayuran dan buah-buahan bisa meningkatkan respons sel imun dalam melawan infeksi penyakit. Selain sayuran dan buah, Anda dapat memperoleh kalsium dan vitamin D dari berbagai asupan, seperti tuna, salmon dan susu kedelai. Vitamin D dan kalsium sama-sama penyerapan kalsium memberikan kekuatan pada tulang.

My InBox

My Messages

FromSubjectDateStatus
First Page Previous Page
1
Next Page Last Page
Page size:
select
 0 items in 1 pages
No records to display.